Blog Archive

Perempuan apabila sembahyang lima waktu, puasa bulan Ramadhan, memelihara kehormatannya serta taat akan suaminya, masuklah dia dari pintu syurga mana sahaja yang dikehendaki.(Women are five times when prayer, fasting month of Ramadan, will maintain his honor and obey her husband, she entered the door of heaven where the desired sake only.)

Senin, 13 Desember 2010

Solusi Komputer Tidak Bisa Shutdown

google-site-verification=ConJMH783GAFpknpANwlOsajeF2uHunuHjbBhFZBAcw

Bagi anda yang mempunyai masalah ketika mematikan komputer dan langsung restart A.K.A tidak mau mati, berikut ada salah satu pengalaman saya yang mungkin bisa bermanfaat bagi anda yang mengalami hal yang serupa.

Komputer yang ketika di shutdown malah menjadi restart sebenarnya bukan restart biasa terutama bagi pengguna OS Windows XP. Masalah ini sebenarnya disebabkan oleh error-nya file system anda atau mungkin lebih dikenal dengan BSOD(Blue Screen Of Death).

Secara default settingan untuk Windows XP ketika Crash/BSOD adalah otomatis restart. Jadi anda mungkin saja tidak melihat atau mengetahui bahwa komputer anda tengah mengalami BSOD ketika anda mencoba mematikan komputer anda.

Untuk dapat mengetahui pesan error BSOD ini anda harus mengatur setting agar ketika terjadi BSOD komputer tidak langsung melakukan restart namun menampilkan pesan BSOD tersebut.



Caranya Klik kanan pada My Computer dan pilih Properties, lalu pilih tab Advanced dan hilangkan centang pada bagian Automatically Restart. Lihat gambar untuk lebih jelasnya


Setelah selesai sekarang saatnya anda mencoba mematikan komputer anda dan lihat serta catat pesan error yang muncul. Pada kasus yang pernah saya alami error yang muncul adalah STOP: c000021a {Fatal System Error}The Windows Logon Process system process terminated unexpectedly with a status of 0xc0000034 (0x00000000 0x0000000)The system has been shutdown.Dari pesan error tersebut terlihat jelas bahwa file system winlogon bermasalah.

Sebetulnya ketika kita sudah mengetahui pesan BSOD tersebut kita bisa dengan mudah mencari solusinya dengan bantuan google, dan anda tinggal memasukan pesan error tersebut ke kotak pencarian google. Dan biasanya ada banyak forum luar yang membahas akan hal tersebut. Cuman munkin kebanyakan hasil pencarian berbahasa Inggris :D. Nah anda tinggal lihat dan baca solusi yang terbaik lalu anda terapkan pada komputer anda sendiri. Mudah-mudahan bisa terselesaikan :D.

Namun sekali lagi untuk kasus yang yang saya alami ketika komputer restart saat di shutdown, saya menggunakan cara lain untuk memperbaikinya. Saya menggunakan tools Hijackthis untuk melihat daftar startup komputer, dan dari hasil scan hijackthis ini terlihat ada satu library yang di load secara otomatis oleh windows yang bernama winmxw32.dll. Penasaran dengan file tersebut lantas saya coba mencari informasi tentang file ini dan hasilnya ternyata file ini merupakan sebuah Trojan seperti yang dikatakan di web http://www.threatexpert.com/files/winmxw32.dll.html.

Selanjutnya saya coba lihat lokasi file tersebut di folder C:\Windows\system32 dan ketika saya coba menghapus file tersebut, ternyata hasilnya Access Denied. Mungkin karena file library tersebut tengah digunakan oleh salah satu process yang sedang berjalan.

Tools selanjutnya yang saya gunakan adalah Unlocker, fungsinya untuk mengetahui process apa yang sedang membuka atau menggunakan file winmxw32.dll tersebut. Dan setelah dianalisa ternyata winlogon.exe yang tengah memakai library tersebut. Dan lantas saya coba unlock file winmxw32.dll tersebut lalu menghapusnya dengan menekan "Shift + Delete"(permanent delete). Namun ooops ternyata gara-gara menghapus file tersebut muncul dialog windows yang mengatakan kalau file winlogon bermasalah dan komputer akan melakukan restart.

Setelah restart lalu saya coba periksa keberadaan file winmxw32.dll di folder system32 dan hasilnya file tersebut pun tidak lagi ditemukan disana. Kemudian saya coba melakukan shutdown dan hasilnya ternyata bermanfaat, komputer sekarang sudah bisa di Shutdown tanpa ada pesan error atau kembali restart.

Nah bagi anda yang mengalami hal serupa dengan pengalaman saya silahkan anda terapkan cara saya, barangkali saja sama persis kasusnya. O iya untuk yang belum tahu dimana harus mengundul tools hijackthis dan unlocker anda silahkan buka http://www.filehippo.com ya :D. Good Luck !

Tidak ada komentar:

Search Islamic Directory
Keyword: