Blog Archive

Perempuan apabila sembahyang lima waktu, puasa bulan Ramadhan, memelihara kehormatannya serta taat akan suaminya, masuklah dia dari pintu syurga mana sahaja yang dikehendaki.(Women are five times when prayer, fasting month of Ramadan, will maintain his honor and obey her husband, she entered the door of heaven where the desired sake only.)

Rabu, 15 Desember 2010

VLOOKUP dengan 2 kondisi

Dalam mengolah data, VLOOKUP (V, vertikal) paling banyak dipakai dari fungsi - fungsi excel yang lain karena VLOOKUP sangat membantu mempercepat dalam pengolahan data. Contoh di bawah, mengambil data dari sebelah kiri yang dimana tahun muncul lebih dari 2 kali dan juga nama muncul lebih dari 2 kali. Tetapi jika tahun dan mana dikombinasikan akan muncul sales akan muncul 1 kali saja. Jadi, key (kode unik) dari data di bawah adalah tahun dan nama.

Vlookup 2 kondisi
Penyelesaian masalah data di atas, dengan VLOOKUP saja tidak cukup, karena VLOOKUP hanya


mensupport 1 data saja. Dengan mengkombinasikan fungsi VLOOKUP, IF dan rumus CSE (Control Shift Enter). Urutan penulisan rumus excelnya sbb:
  • Buat rumus dengan fungsi VLOOKUP untuk mengambil kolom ke 3
    =VLOOKUP(E2,A2:C7,3,FALSE)
  • Table_Array A2:C7, diganti dengan
    =IF(B2:B7=F2,A2:C7,”"), artinya jika table array B2:B7 sama dengan F2 (Tuti) akam mengembalikan nilai yang sejajar rownya dari array A2:C7
    Jangan lupa dengan menekan Control Shift Enter (CSE) JANGAN ENTER SAJA! Supaya menghasilkan formula array
  • Sehinggan jika dikombinasikan menghasilkan rumus
    {=VLOOKUP(E2,IF(B2:B7=F2,A2:C7,”"),3,FALSE)}

Tidak ada komentar:

Search Islamic Directory
Keyword: